Analisis Daya Saing Produk Arang Indonesia di Pasar Internasional.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis daya saing dan faktor-faktor
yang memengaruhi performa ekspor produk arang Indonesia di pasar internasional
periode tahun 2013-2017. Produk arang yang dianalisis terdiri dari charcoal from
bamboo (HS 440210) dan wood charcoal from other than bamboo (HS 440290).
Penelitian ini menggunakan tiga metode penghitungan yaitu Revealed
Comparative Advantage (RCA) untuk mengukur keunggulan komparatif, Indeks
Spesialisasi Perdagangan (ISP) untuk mengukur keunggulan kompetitif, dan
Constant Market Share Analysist (CMSA) untuk mengetahui faktor-faktor yang
memengaruhi nilai ekspor produk. Nilai Indeks Revealed Comparative Advantage
pada penelitian menunjukkan bahwa produk arang Indonesia memiliki daya saing
komparatif yang sangat kuat dengan nilai >1. Nilai Indeks Spesialisasi
Perdagangan (ISP) menunjukkan bahwa produk arang Indonesia berada pada
tahap kematangan dengan nilai 0,9 < ISP ≤ 1. Analisis Constant Market Share
(CMS) menunjukkan bahwa faktor daya saing, komposisi komoditas, dan
pertumbuhan standar memberikan pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekspor
produk arang Indonesia dengan faktor yang paling kuat adalah faktor daya saing
produk.
Collections
- UT - Forestry Products [2405]