Analisis Bauran Pemasaran Susu Kambing Studi Kasus Kelompok Anjani Tlogoguwo Kaligesing Purworejo
View/Open
Date
2019Author
Arkan, Hanif Ibrahim
Cyrilla ENSD, Lucia
Hadiyanto
Metadata
Show full item recordAbstract
Kecamatan Kaligesing sebagai sentra pengembangan kambing peranakan
etawa di Indonesia belum memanfaatkan susu kambing secara maksimal. Ada
kelompok tani yang telah merintis pemanfaatan susu kambing untuk dijual, yaitu
Kelompok Anjani. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan Kelompok
Anjani, menganalisa bauran pemasaran susu kambing dan respon pelanggan
terhadap bauran yang sudah dilakukan kelompok. Desain penelitian yang
digunakan ialah deskriptif. Alat pengumpulan data menggunakan kuisoner,
pedoman wawancara mendalam, dan pedoman observasi. Pemanfaatan susu
kambing di Kelompok Anjani berasal dari ide ketua kelompok yang melihat
potensi ekonomi dari susu kambing tersebut. Masih ada beberapa anggota yang
belum antusias untuk memproduksi susu kambing dan menjualnya, dikarenakan
belum sepenuhnya memahami potensi ekonomi dan cara memproduksinya.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kelompok menjual susu kambing
dalam bentuk produk susu segar, susu bubuk, dan susu karamel. Bauran produk
menunjukan susu bubuk sebagai produk yang paling lengkap atribut produknya,
meliputi adanya desain kemasan, merek, variasi rasa, dan jaminan. Bauran harga
yang telah diterapkan ialah kebijakan harga dengan skimming price, diskrimanasi,
dan level harga. Bauran distribusi menunjukan kelompok menggunakan saluran
pemasaran langsung dan saluran pemasaran tidak langsung. Bauran promosi yang
paling lengkap atribut promosinya hanya pada produk susu bubuk, dengan adanya
keikutsertaan dalam pameran dan promosi online. Respon pelanggan terhadap
bauran pemasaran susu kambing menghasilkan respon baik terhadap bauran
produk, harga, dan promosi secara keseluruhan. Respon pelanggan buruk pada
bauran distribusi disebabkan pelanggan masih sulit mengakses produk.