View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Animal Science
      • UT - Animal Production Science and Technology
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Animal Science
      • UT - Animal Production Science and Technology
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Bauran Pemasaran Susu Kambing Studi Kasus Kelompok Anjani Tlogoguwo Kaligesing Purworejo

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (9.862Mb)
      Date
      2019
      Author
      Arkan, Hanif Ibrahim
      Cyrilla ENSD, Lucia
      Hadiyanto
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kecamatan Kaligesing sebagai sentra pengembangan kambing peranakan etawa di Indonesia belum memanfaatkan susu kambing secara maksimal. Ada kelompok tani yang telah merintis pemanfaatan susu kambing untuk dijual, yaitu Kelompok Anjani. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan Kelompok Anjani, menganalisa bauran pemasaran susu kambing dan respon pelanggan terhadap bauran yang sudah dilakukan kelompok. Desain penelitian yang digunakan ialah deskriptif. Alat pengumpulan data menggunakan kuisoner, pedoman wawancara mendalam, dan pedoman observasi. Pemanfaatan susu kambing di Kelompok Anjani berasal dari ide ketua kelompok yang melihat potensi ekonomi dari susu kambing tersebut. Masih ada beberapa anggota yang belum antusias untuk memproduksi susu kambing dan menjualnya, dikarenakan belum sepenuhnya memahami potensi ekonomi dan cara memproduksinya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kelompok menjual susu kambing dalam bentuk produk susu segar, susu bubuk, dan susu karamel. Bauran produk menunjukan susu bubuk sebagai produk yang paling lengkap atribut produknya, meliputi adanya desain kemasan, merek, variasi rasa, dan jaminan. Bauran harga yang telah diterapkan ialah kebijakan harga dengan skimming price, diskrimanasi, dan level harga. Bauran distribusi menunjukan kelompok menggunakan saluran pemasaran langsung dan saluran pemasaran tidak langsung. Bauran promosi yang paling lengkap atribut promosinya hanya pada produk susu bubuk, dengan adanya keikutsertaan dalam pameran dan promosi online. Respon pelanggan terhadap bauran pemasaran susu kambing menghasilkan respon baik terhadap bauran produk, harga, dan promosi secara keseluruhan. Respon pelanggan buruk pada bauran distribusi disebabkan pelanggan masih sulit mengakses produk.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/99089
      Collections
      • UT - Animal Production Science and Technology [4040]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository