Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Institut Pertanian Bogor Dalam Menggunakan E-Money
View/ Open
Date
2015Author
Fadilla, Anna Noor
Djamaludin, Mohammad Djemdjem
Metadata
Show full item recordAbstract
Uang elektronik (e-money) adalah instrumen pembayaran berupa stored value facility dalam pembayaran mikro yang sedang berkembang dan gencar dikenalkan oleh Bank Indonesia kepada masyarakat. Strategi untuk meningkatkan penggunaan uang elektronik adalah dengan diadakannya launching Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) di berbagai perguruan tinggi, salah satunya di Institut Pertanian Bogor. Kartu A yang diterbitkan oleh salah satu bank dipilih menjadi objek dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kepuasan dan loyalitas penggunaan kartu A pada mahasiswa IPB. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional study. Pemilihan lokasi dilakukan secara convenience yang melibatkan 80 orang mahasiswa yang menggunakan kartu A. Alat ukur yang digunakan meliputi Customer Satisfaction Index (CSI), dan Customer Loyality Index (CLI). Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa dalam menggunakan kartu A berada pada kategori “Puas”, sedangkan tingkat loyalitas berada pada kategori “Cukup Loyal”. Model loyalitas contoh menunjukkan sebesar 36.2% contoh berada pada no loyalty/ tidak loyal, yaitu contoh memiliki sikap dan perilaku penggunaan yang rendah. Hasil uji pengaruh menunjukkan bahwa kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas.