View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Pemasaran Dan Integrasi Pasar Vertikal Cabai Rawit Merah Di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut Jawa Barat

      No Thumbnail [100%x80]
      View/Open
      Fulltext (29.03Mb)
      Date
      2019
      Author
      Hia, Adrianus
      Nurmalina, Rita
      Rifin, Amzul
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian mengenai analisis pemasaran dan integrasi pasar vertikal cabai rawit merah ini terletak di Desa Cidatar Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut dengan tujuan untuk mengidentifikasi saluran pemasaran, fungsi pemasaran, efisiensi pemasaran dan tingkat integrasi pasar vertikal cabai rawit merah di Desa Cidatar Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Sebanyak 30 responden petani dipilih dengan metode random sampling dan untuk mendapatkan responden pedagang menggunakan metode snowball. Wawancara dan observasi dilakukan untuk mengumpulkan data primer sedangkan dokumentasi untuk mengambil data sekunder. Terdapat lima saluran pemasaran cabai rawit merah di Desa Cidatar, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Saluran pemasarannya adalah I) petani - pengumpul - pedagang besar Jakarta - pengecer - konsumen Jakarta; II) petani - pengumpul – pedagang besar Cikajang– pengecer - konsumen Cikajang; III) petani - pengumpul - pedagang besar Cikajang - pedagang besar Jakarta - pengecer - konsumen Jakarta; IV) petani - pengumpul - pedagang besar Bandung - pengecer - konsumen Bandung; V) petani - pengumpul - pedagang besar Bandung - pedagang Jakarta - pengecer - konsumen Jakarta. Hasil analisis menunjukkan margin pemasaran terkecil terdapat pada saluran pemasaran II sebesar 52.3 persen. Farmer’s share terbesar adalah 48 persen pada saluran pemasaran II dan rasio πi / Ci terbesar adalah 5.64 pada saluran pemasaran III. Integrasi vertikal pasar cabai rawit merah dianalisis menggunakan Ravallion dan menunjukkan bahwa terdapat integrasi jangka pendek antara harga di tingkat petani dan harga di tingkat pedagang besar di PIKJ namun hasil analisis menunjukkan tidak terdapat integrasi jangka panjang diantara ketiga hubungan pasar. Saran yang dapat diberikan kepada petani adalah memilih saluran pemasaran I karena saluran pemasaran tersebut merupakan saluran dengan volume dan harga komoditas yang paling tinggi yang dapat diserap oleh pasar. Hal ini berarti terjadi kontinuitasan pemasaran cabai rawit merah yang tinggi
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98676
      Collections
      • MT - Economic and Management [3025]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      NoThumbnail