Hubungan Komunikasi Kolaboratif, Nilai Bersama, dan Pengendalian Perilaku Oportunis dengan Kepercayaan dan Komitmen Petani Pemasok.
View/Open
Date
2019Author
Febryanti, Ade
Saleh, Amiruddin
Sarwoprasodjo, Sarwititi
Metadata
Show full item recordAbstract
Sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggantungkan hidupnya
pada sektor pertanian. Salah satu peran strategis sektor pertanian adalah sumber
utama pendapatan rumah tangga pedesaan. Masalahnya, kondisi pelaku utama
pertanian sekarang yakni tingkat pendidikan rendah, kepemilikan lahan sempit,
kurang pemanfaatan teknologi dan informasi, dan masalah pemasaran.
Keberhasilan sektor pertanian perlu dukungan semua stakeholder seperti
pemerintah, swasta, dan masyarakat termasuk pemuda. Agriculture Youth Mart
(AYM) sebagai socio enterprise bertujuan membantu petani memasarkan produk
pertanian dalam hubungan pemasaran. Suatu hubungan dapat berjalan baik ketika
kedua belah pihak memegang kepercayaan dan komitmen. Pembentukan
kepercayaan dan komitmen pemasaran jangka panjang dilakukan dengan
komunikasi kolaboratif, nilai bersama, dan pengendalian perilaku oportunis.
Penelitian bertujuan untuk: (1) menganalisis deskripsi komunikasi
kolaboratif, nilai bersama, pengendalian perilaku oportunis, kepercayaan, dan
komitmen pemasaran jangka panjang pada petani pemasok; (2) menganalisis
hubungan komunikasi kolaboratif, nilai bersama, dan pengendalian perilaku
oportunis dengan kepercayaan pada petani pemasok; (3) menganalisis hubungan
kepercayaan dan komitmen pemasaran jangka panjang pada petani pemasok; (4)
dan menyusun strategi komunikasi kolaboratif pada petani pemasok. Responden
penelitian merupakan seluruh petani pemasok AYM di Jawa Barat dan Jawa
Tengah, yaitu sebanyak 20 orang. Data dikumpulkan pada bulan Oktober 2018
dan dianalisis menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS)
versi 24 untuk statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi termasuk dalam kategori
rendah. Indikator arah dan pesan termasuk dalam kategori sedang dan iklim
komunikasi tergolong tinggi. Kejujuran tergolong sangat baik dan ketepatan
waktu serta kualitas produk tergolong baik. Peubah pengendalian perilaku
oportunis secara umum menunjukkan bahwa kesamaan budaya, tata kelola
hubungan, dan kepuasan termasuk tergolong cukup baik dengan nilai total rataan
skor sebesar 1.51. Peubah kepercayaan dan komitmen secara umum tergolong
kategori sedang dengan nilai rataan skor sebesar 2.73 dan 2.63. Hasil analisis rank
Spearman menunjukkan bahwa peubah komunikasi kolaboratif dan nilai bersama
berhubungan sangat nyata dan positif dengan kepercayaan. Indikator kesamaan
budaya berhubungan positif dan sangat nyata dengan integritas serta berhubungan
positif dan nyata dengan kompetensi. Akan tetapi, indikator kesamaan budaya
tidak berhubungan nyata dengan loyalitas, konsistensi, dan keterbukaan. Peubah
kepercayaan berhubungan sangat nyata dan positif dengan komitmen pada petani
pemasok.
Collections
- MT - Human Ecology [2273]