Show simple item record

dc.contributor.advisorSimanjuntak, Megawati
dc.contributor.authorGaniah, R. Rahmah
dc.date.accessioned2019-07-18T03:45:23Z
dc.date.available2019-07-18T03:45:23Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/98549
dc.description.abstractPembelian kompulsif merupakan pembelian secara terus menerus dan berulang-ulang yang menjadi sebuah respon utama dari peristiwa-peristiwa dan perasaan-perasaan negatif, sulit dihentikan serta berpotensi menimbulkan permasalahan keuangan yang parah. Penelitian ini secara umum bertujuan membandingkan gaya hidup, self-esteem, money attitude dan pembelian kompulsif antargenerasi, yang meliputi generasi baby boomers, generasi X, dan generasi Y. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi gaya hidup, self esteem, money attitude dan pembelian kompulsif pada ketiga generasi; (2) membandingkan gaya hidup, self esteem, money attitude dan pembelian kompulsif antara ketiga generasi; (3) menganalisis pengaruh gaya hidup, self esteem dan money attitude terhadap pembelian kompulsif pada ketiga generasi. Penelitian dengan pendekatan cross-sectional study ini menerapkan metode wawancara secara langsung dan menggunakan kuesioner sebagai alat bantu pengumpulan data. Lokasi penelitian adalah area perumahan dan pemukiman di Perumahan Dramaga Cantik dan Kelurahan Pagelaran Ciomas, Kabupaten Bogor. Penelitian dilakukan dari bulan Januari hingga April 2019. Responden dalam penelitian ini adalah 90 ibu rumah tangga dengan masing-masing 30 responden setiap generasi. Contoh dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik quota sampling. Teknik quota sampling adalah teknik pengambilan sampel dengan cara menetapkan jumlah tertentu sebagai target yang harus dipenuhi dalam pengambilan sampel dari populasi, kemudian dengan patokan jumlah tersebut diambil sampel secara sembarang asalkan memenuhi persyaratan sebagai sampel dari populasi tersebut. Analisis data menggunakan metode SEM melalui program statistik Smart-PLS. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat kecenderungan pembelian kompulsif rendah pada generasi baby boomers, generasi X dan generasi Y. Variabel selfesteem menunjukkan perbedaan signifikan antar ketiga generasi, sedangkan pada variabel gaya hidup, money attitude dan pembelian kompulsif tidak berbeda secara nyata. Terdapat pengaruh positif signifikan terhadap pembelian kompulsif pada variabel gaya hidup milik generasi X dan variabel money attitude dari masing-masing generasi dan total generasi. Gaya hidup generasi Y juga berpengaruh negatif signifikan terhadap pembelian kompulsifnya. Sementara itu, tidak terdapat pengaruh signifikan variabel self-esteem terhadap pembelian kompulsif pada ketiga generasi maupun total generasi secara keseluruhan. Meskipun tidak bernilai signifikan, self-esteem pada generasi Y memiliki hubungan negatif dengan pembelian kompulsifnya. Artinya, semakin rendah nilai self-esteem generasi Y, maka semakin tinggi kecenderungan pembelian kompulsifnya.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcConsumer Scienceid
dc.subject.ddcCompulsive Buyingid
dc.subject.ddc2019id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titleStudi Komparasi Gaya Hidup, Self-Esteem, Money Attitude dan Pembelian Kompulsif Antargenerasiid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordgaya hidupid
dc.subject.keywordgenerasi baby boomersid
dc.subject.keywordgenerasi Xid
dc.subject.keywordgenerasi Y, money attitudeid
dc.subject.keywordpembelian kompulsifid
dc.subject.keywordself-esteemid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record