dc.description.abstract | Saat ini perkembangan pasar semakin kompleks, namun apabila hal ini tidak
diimbangi dengan kemampuan konsumen untuk mengelola pembeliannya dapat
menyebabkan munculnya pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk
membandingkan dan menganalisis pengaruh nilai, kontrol diri, dan sikap terhadap
pembelian impulsif generasi Baby Boomer, generasi X, dan generasi Y. Penelitian
menggunakan desain studi kuantitatif dan cross sectional study, pengambilan data
dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Lokasi penelitian berada di
Wiguna Tengah Regency, Wiguna Timur Regency, Wiguna Selatan Regency, dan
Taman Rivera, Surabaya. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2019.
Responden adalah ibu rumah tangga sebanyak 90 orang yang terbagi dalam tiga
generasi dan dibagi dengan nonprobability sampling secara quota sampling. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pada variabel kontrol diri, sikap, dan pembelian
impulsif terdapat perbedaan yang signifikan. Selain itu, variabel kontrol diri,
ditemukan memengaruhi sikap dan pembelian impulsif secara signifikan. Kontrol
diri berpengaruh positif terhadap sikap dan berpengaruh negatif terhadap pembelian
impulsif. | id |