Model Bisnis Mookis Mokindo Cookies Berbasis Mocaf
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan model bisnis kanvas melalui
metode riset aksi. Bisnis model Mookis terbentuk berdasarkan tahapan pencarian
pelanggan. Tahapan ini menunjukkan bahwa segmen pasar yang tepat untuk
Mookis adalah penderita diabetes mellitus, obesitas, autism spectrum disorder
(ASD), dan diet gula, gluten, kasein. Saluran penjualan yang diterima responden
secara tidak langsung salah satunya melalui ritel, dan dijelaskan mengenai peta
distribusi Mookis. Pemosisian produk sebagai camilan cookies sehat, alami dan
praktis. Mookis dijual dengan harga Rp22.000 per kemasan 160 gram. Hasil
perhitungan dan analisis keuangan kelayakan usaha, maka diperoleh hasil yaitu :
hasil perhitungan Payback Period (PP) selama 2 tahun 11 bulan 4 hari. Hasil Net
Present Value (NPV) menunjukkan hasil yang positif sebesar Rp90.677.404. Hasil
perhitungan Benefit and Cost Ratio (B/C) menunjukkan hasil sebesar 1.29 lebih
besar dari 1. Hasil perhitungan Internal Rate of Return (IRR) menunjukkan hasil
sebesar 20%.
Collections
- UT - Business [460]