Analisis Niat Pembelian E-ticket Bioskop di Kalangan Mahasiswa IPB dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB).
View/Open
Date
2019Author
Simamora, Tria Putri
Djamaludin, Moh. Djemdjem
Metadata
Show full item recordAbstract
Teknologi internet telah mengubah cara konsumen dalam pembelian produk
dan jasa, salah satunya adalah pembelian tiket bioskop secara online (e-ticket).
Penelitian ini bertujuan menganalisis niat pembelian e-ticket bioskop dikalangan
mahasiswa IPB dengan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Penelitian ini
menggunakan desain cross-sectional study dan pendekatan kuantitatif dengan metode
online survey yang dilakukan di IPB. Jumlah responden sebanyak 225 orang yang
dipilih secara purposive, dengan syarat mahasiswa Program Sarjana (S1) IPB yang
pernah menonton bioskop namun belum pernah membeli e-ticket bioskop. Analisis
yang dilakukan diantaranya analisis deskriptif, uji reliabilitas, uji validitas, uji korelasi,
dan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan program AMOS 21.0 dan
SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia memiliki hubungan negatif dengan
norma subjektif, kontrol perilaku, dan niat. Tingkat semester juga memiliki hubungan
negatif dengan sikap terhadap perilaku, norma subjektif, kontrol perilaku, dan niat serta
uang saku memiliki hubungan negatif dengan norma subjektif. Hasil analisis
menggunakan SEM menunjukkan bahwa sikap terhadap perilaku, norma subjektif dan
kontrol perilaku berpengaruh positif terhadap niat beli e-ticket bioskop. Variabel
kontrol perilaku memiliki pengaruh terbesar terhadap niat beli e-ticket bioskop yang
diikuti oleh norma subjektif dan sikap terhadap perilaku.