dc.description.abstract | Perilaku pembelian online adalah suatu tingkah laku nyata yang dilakukan
konsumen dalam membeli suatu barang melalui internet. Penelitian ini bertujuan
untuk membandingkan dan menganalisis pengaruh konsep diri, kelompok acuan,
dan strategi pemasaran terhadap perilaku pembelian online pada generasi Baby
Boomer, generasi X, dan generasi Y. Penelitian dilakukan dengan wawancara
secara langsung di Perumahan Dramaga Cantik dan Kelurahan Pagelaran Ciomas,
Kabupaten Bogor. Responden dalam penelitian ini adalah 90 ibu rumah tangga
dengan masing-masing 30 responden setiap generasi. Teknik penentuan
responden menggunakan quota sampling dengan syarat pernah melakukan
pembelian online minimal 1 kali dalam 6 bulan terakhir. Data penelitian
menggunakan analisis deskriptif, uji beda menggunakan aplikasi SPSS 22,0, dan
uji pengaruh dengan metode SEM melalui program Smart Partial Least Square
(PLS). Penelitian menunjukkan pada variabel konsep diri, strategi pemasaran, dan
perilaku pembelian online memiliki kategori sedang, sedangkan pada variabel
kelompok acuan memiliki kategori rendah. Terdapat perbedaan signifikan pada
dimensi actual self concept, promotion dan variabel strategi pemasaran antar
ketiga generasi. Konsep diri berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian
online pada semua generasi. Kelompok acuan berpengaruh signifikan terhadap
generasi Baby Boomer dan strategi pemasaran berpengaruh signifikan pada
generasi Baby Boomer, dan semua generasi. | id |