Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Produk Pertanian Secara Online Di Agripedia
Abstract
Perkembangan internet memicu berkembangnya startup berbasis
e-commerce. Agripedia merupakan salah satu e-commerce yang menjual berbagai
macam produk pertanian secara online. Seiring perkembangan zaman, perilaku
masyarakat saat ini menunjukkan sikap yang mementingkan kemudahan dan
kepraktisan, oleh karena itu masyarakat mulai tertarik pada pembelian produk
pertanian secara online. Penelitian ini bertujuan menganalisis karakteristik
konsumen, proses keputusan pembelian produk pertanian secara online serta
faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian produk pertanian secara
online di Agripedia. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan
analisis faktor dengan data 71 responden. Analisis deskriptif untuk
menggambarkan karakteristik konsumen dan proses keputusan pembelian.
Analisis faktor digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi
keputusan pembelian produk pertanian secara online. Penelitian ini menghasilkan
tiga faktor baru yang memengaruhi keputusan pembelian produk pertanian secara
online di Agripedia yaitu faktor fisik dan interaksi sosial, faktor perbedaan
individu dan lingkungan, serta faktor daya tarik.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]