Analisis Efisisensi pemasaran sayur organik di Okiagaru Farm Kabupaten Cianjur Jawa Barat
Abstract
Sayuran organik merupakan salah satu produk tanaman hortikultura yang
memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan memiliki peluang pasar yang baik. Tujuan
penelitian ini adalah menganalisis lembaga dan fungsi pemasaran, saluran
pemasaran, marjin pemasaran, farmer’s share dan rasio keuntungan terhadap biaya
sayur organik di Okiagaru Farm. Pengambilan responden menggunakan snowball
sampling untuk responden petani dan lembaga pemasaran yang pengambilan data
dilakukan pada bulan januari sampai februari 2019. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa terdapat 2 jenis saluran pemasaran. Pada komoditas Terong Jepang, Zukini
dan Kubis terdapat 2 saluran pemasaran. Saluran 1 dianggap lebih efisien karena
memiliki nilai marjin pemasaran yang lebih rendah, nilai farmer’s share yang lebih
tinggi dan jumlah lembaga yang lebih sedikit.
Collections
- UT - Agribusiness [4645]