Analisis Efisiensi Pemasaran Ayam Ras Pedaging (Broiler) Pola Kemitraan di Kabupaten Bengkulu Selatan
View/Open
Date
2019Author
Citra, Clorinda Fiona
Adhi, Andriyono Kilat
Metadata
Show full item recordAbstract
Broiler adalah salah satu dari komoditi peternakan unggas yang memiliki
kontribusi produksi terbesar di Indonesia. Tujuan dari penenlitian ini adalah untuk
menganalisis saluran pemasaran ayam broiler, lembaga pemasaran, fungsi
pemasaran, struktur pasar, perilaku pasar dan efisiensi saluran pemasaran
berdasarkan margin pemasaran, farmer’s share dan keuntungan terhadap biaya.
Responden tiga kelompok (peternak, lembaga pemasaran, konsumen) dipilih
dengan metode purposive sampling untuk peternak dan metode snowball
sampling untuk lembaga pemasaran. Data primer diperoleh dengan metode survey
menggunakan kuisioner. Data sekunder diperoleh dari sumber terkait. Hasil
penelitian menunjukkan pemasaran ayam broiler pola kemitraan di Kabupaten
Bengkulu Selatan terdiri dari 3 saluran dengan lembaga pemasaran yang terdiri
dari inti, pedagang pengumpul, pedagang besar, dan pedagang pengecer. Saluran
pemasaran I adalah saluran dengan nilai cost margin terendah, dan dengan nilai
farmer’s share dan rasio keuntungan terhadap biaya tertinggi.
Collections
- UT - Agribusiness [4645]