UT - Syariah Economic: Recent submissions
Now showing items 21-40 of 484
-
Analisis Strategi Marketing Mix Penghimpunan Wakaf pada Platform Digital BSI Maslahat dengan Metode IPA
(2024)Potensi wakaf di Indonesia sangatlah besar, melihat potensi tersebut lembaga pengelola wakaf mulai menyediakan platform digital. BSI Maslahat sebagai salah satu lembaga filantropi di Indonesia menyediakan layanan ... -
Analisis Faktor–faktor yang Memengaruhi Ekspor Produk Minyak Kelapa Sawit Indonesia ke Negara OKI
(2024)Berdasarkan data International Trade Center (ITC) (2024) terdapat fluktuasi dan tren penurunan tingkat ekspor produk minyak kelapa sawit Indonesia ke negara–negara OKI pada periode 2019–2023. Penelitian ini bertujuan untuk ... -
Analisis Efisiensi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Jawa Tengah Periode 2021-2023
(2024)Kepadatan penduduk dan banyaknya jumlah BPRS di Jawa Tengah menjadi potensi bagi BPRS di Jawa Tengah dalam memberikan pembiayaan. BPRS di Jawa Tengah yang memiliki rasio NPF tinggi dan meningkat mengindikasikan bahwa BPRS ... -
Strategi Pengelolaan Wakaf Uang untuk Pendidikan Yatim di Lembaga Wakaf Al-Ruhamaa’ Bogor
(2024)Wakaf uang di Indonesia memiliki potensi yang cukup besar dan diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya. Namun, pengelolaan wakaf uang di bidang pendidikan masih belum optimal karena kurangnya profesionalitas dari ... -
Analisis Keputusan Pembelian Produk Fast Fashion pada Konsumen Muslim Generasi Z
(2024)Ragam tren mode fesyen yang diperlihatkan di berbagai media sosial memicu meningkatnya budaya konsumsi. Masyarakat beramai-ramai untuk tampil kekinian mengikuti tren terbaru dengan membeli produk fast fashion yang kurang ... -
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Investasi Reksa Dana Syariah Bagi Nasabah Bank Syariah di Bogor
(2024)Investasi reksa dana syariah dapat meningkatkan kesejahteraan, namun minat terhadapnya menurun meski mudah bagi investor pemula. Penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat investasi reksa dana ... -
Analisis Pengaruh Makroekonomi terhadap Permintaan Green Sukuk Korporasi di Indonesia pada Tahun 2019-2023
(2024)Green sukuk korporasi adalah instrumen keuangan syariah untuk mendanai proyek ramah lingkungan, seperti energi terbarukan dan efisiensi energi. Instrumen ini menggabungkan prinsip syariah dengan keberlanjutan, menarik ... -
Pengaruh Religiositas, Harga, Literasi dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kemasan oleh Mahasiswa Ekonomi Syariah
(2024)Industri halal di Indonesia menunjukkan kenaikan posisi di peringkat ketiga dalam perkembangan ekonomi halal. Kenaikan tersebut menyebabkan industri makanan ikut mengalami pertumbuhan. Namun pada peningkatan penjualan ... -
Dampak Perbankan Syariah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Wilayah di Indonesia: Analisis Data Panel
(2024)Pembiayaan bank pembangunan daerah (BPD) syariah di berbagai daerah mengalami pertumbuhan yang selalu positif selama lima tahun terakhir dan berdasarkan teori intermediasi keuangan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ... -
Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Muslim Generasi Z terhadap Produk Green Halal Pharmaceutical
(2024)Konsumsi obat menjadi kebutuhan hidup bagi manusia untuk mengatasi penyakit atau menjaga kesehatan. Namun, rantai pasok obat-obatan memiliki proporsi tertinggi pada emisi karbon sektor kesehatan penyebab gas rumah kaca. ... -
Analisis Faktor Yang Memengaruhi Pembelian Tidak Terencana di E-Commerce Pada Konsumen Muslim
(2024)Pertumbuhan teknologi internet, khususnya dalam bentuk platform e- commerce telah mengubah cara berbelanja masyarakat dengan lebih praktis dan efisien yang mengubah cara belanja dari belanja offline hinga belanja online. ... -
Faktor yang Memengaruhi Minat Beli Muslim Generasi Z terhadap Skincare Halal Ramah Lingkungan
(2024)Sektor industri kosmetik yang makin pesat saat ini juga diiringi dengan meningkatnya masalah lingkungan. Sehingga membuat masyarakat lebih menyadari masalah lingkungan dan mendorong konsumsi produk hijau, termasuk ... -
Analisis Efisiensi Perusahaan dan Unit Usaha Asuransi Syariah di Indonesia Periode 2018–2023
(2024)Asuransi syariah berperan penting bagi masyarakat maupun perekonomian negara sebagai perlindungan diri dari risiko kesehatan dan sumber dana untuk pembangunan nasional. Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pinjaman Online (Studi Kasus: Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor)
(2024)Financial technology (fintech) telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk di Indonesia. Salah satu fintech yang berkembang namun menuai permasalahan yang menjerat konsumen adalah pinjaman online. ... -
Determinan Keputusan Membayar Zakat Profesi Secara Online Pada Generasi Y dan Z DI DKI Jakarta
(2024)DKI Jakarta yang penduduknya didominasi generasi Y dan Z memiliki potensi zakat profesi yang lebih tinggi daripada penghimpunannya. Penelitian ini menganalisis determinan keputusan generasi Y dan Z dalam membayar zakat ... -
STRATEGI PENINGKATAN JUMLAH NASABAH DAN DANA PIHAK KETIGA PADA SEGMEN ISLAMIC ECOSYSTEM BANK SYARIAH INDONESIA
(2024)Industri perbankan Indonesia tumbuh signifikan dan diikuti dengan perbankan syariah yang saat ini juga berkembang pesat. Namun, terdapat berbagai tantangan utama dalam meningkatkan kepercayaan terhadap bank syariah, terutama ... -
Analisis Dampak Sertifikasi Halal Terhadap Kinerja Perusahaan Makanan Halal di Indonesia: A Systematic Literature Review
(2024)Sertifikasi halal memiliki peran yang sangat krusial bagi perusahaan makanan, terutama untuk memenuhi kebutuhan konsumen muslim. Pemerintah telah mewajibkan sertifikasi halal untuk produk makanan di semua perusahaan makanan ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Generasi Milenial dan Zilenial Terhadap Kepemilikan Tabungan Haji di Jawa Barat.
(2024)Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi umat Muslim jika mampu. Tetapi saat ini masa tunggu haji mencapai puluhan tahun, sehingga perlu adanya perencanaan keuangan bagi generasi milenial dan ... -
Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Generasi Milenial dan Zilenial Terhadap Kepemilikan Tabungan Haji di Jawa Barat.
(2024)Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi umat Muslim jika mampu. Tetapi saat ini masa tunggu haji mencapai puluhan tahun, sehingga perlu adanya perencanaan keuangan bagi generasi milenial dan ... -
Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Masyarakat non-Muslim Menabung di Bank Syariah
(2024)Bank syariah adalah praktik perbankan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam dalam bertransaksi. Namun demikian, layanan pada bank syariah tidak hanya diperuntukkan bagi umat muslim. Penelitian ini mengkaji persepsi masyarakat ...