dc.description.abstract | Budidaya perikanan adalah kegiatan memproduksi biota (organisme) akuatik
(air) untuk mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, Program Budidaya Ikan Lele
menjadi salah satu program pemberdayaan UMKM binaan Corporate Social
Responsibility (CSR) PT Pembangkit Jawa-Bali (PJB) Unit Pembangkit Cirata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi nilai yang bersedia dibayarkan oleh
konsumen untuk produk ikan lele pada program urban farming dengan analisis
willingness to pay, dan mengidentifikasi kombinasi produk yang diinginkan oleh
konsumen untuk produk ikan lele pada program budidaya ikan lele dengan analisis
konjoin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai tengah maksimum WTP ikan lele
bibit kecil sebesar Rp 100.000/lt; ikan lele bibit sedang sebesar Rp 75.000/lt; ikan lele
konsumsi sebesar Rp 17.500/kg. Berdasarkan analisis konjoin terkait dengan
preferensi konsumen menunjukkan bahwa konsumen paling mementingkan atribut
kuantitas sebagai bahan pertimbangan dalam membeli ikan lele. Atribut kedua yang
dianggap penting oleh konsumen adalah harga. Atribut yang dianggap kurang penting
adalah jenis. Sedangkan untuk prefensi konsumen yang paling disukai oleh konsumen
adalah ikan lele dengan harga Rp 17.000, jenis bibit sedang, dan memiliki kuantitas
banyak. | id |