dc.description.abstract | Seiring perkembangan waktu, peran ibu sebagai pengasuh utama bagi anak mulai bergeser. Pola asuh akademik yang baik serta alokasi waktu pengasuhan ibu yang cukup diharapkan mampu menunjang perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pola asuh akademik dan alokasi waktu pengasuhan yang diberikan ibu dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah. Penelitian dilakukan di sebuah TK di kota Bogor dengan menggunakan desain cross sectional study, melibatkan 30 anak, usia 3,5-6,4 tahun beserta ibunya sebagai sampel yang dipilih secara purposive. Kuesioner pola asuh akademik ibu memiliki dua dimensi, yakni disiplin diri dan dukungan berprestasi (Hastuti 2015). Alokasi waktu pengasuhan ibu dikumpulkan dengan menggunakan metode recall 24 jam. Perkembangan kognitif anak diukur dengan menggunakan instrumen Depdiknas (2004). Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara status kerja ibu dengan alokasi waktu pengasuhan, yakni kelompok ibu bekerja memiliki jumlah alokasi waktu yang digunakan untuk pengasuhan anak lebih sedikit dibanding ibu tidak bekerja. Capaian perkembangan kognitif anak dari kelompok ibu bekerja juga menunjukkan nilai yang lebih rendah dibanding kelompok ibu tidak bekerja. | id |