Strategi Pengembangan Usaha 212 Mart Yasmin Bogor dengan Pendekatan Business Model Canvas.
Abstract
Industri ritel modern menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi
Indonesia. 212 Mart merupakan minimarket baru yang bergerak dalam usaha ritel
modern di bawah lembaga Koperasi Syariah 212. Penelitian ini bertujuan untuk
memetakan model bisnis saat ini, mengevaluasi model bisnis dan merumuskan
strategi alternatif pengembangan usaha 212 Mart Yasmin Bogor. Penelitian ini
menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan model bisnis kanvas
dan analisis SWOT. Metode analisis deskriptif ini diolah berdasarkan sembilan
elemen model bisnis kanvas yang selanjutnya dianalisis menggunakan SWOT
pada masing-masing elemen dalam model bisnis kanvas. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi alternatif yang dapat dikembangkan oleh minimarket
212 Yasmin Bogor yaitu fokus pada penambahan beberapa komponen pendukung
dalam operasional usaha. Strategi pengembangan ini diharapkan dapat
meningkatkan kinerja usaha baik skala usaha maupun pendapatan dan
menciptakan proposisi nilai baru dari 212 Mart Yasmin Bogor.
Collections
- UT - Agribusiness [4645]