Strategi Pengembangan Organisasi Rantai Nilai Komoditas Pisang di Provinsi Lampung.
Abstract
Pengembangan usaha melalui pendekatan organisasi rantai nilai merupakan pengembangan usaha dalam hal kerjasama antar pelaku rantai pasok sebagaimana suatu organisasi. Pengembangan ini penting karena persaingan dalam dunia usaha saat ini sudah merupakan persaingan antar rantai pasok. Tujuan dalam penelitian ini: (1) Mengidentifikasi kondisi rantai pasok komoditas pisang di provinsi Lampung (2) Menganalisis kebutuhan-kebutuhan dalam pengembangan organisasi rantai nilai komoditas pisang. (3) Menetapkan alternatif strategi pengembangan organisasi rantai nilai komoditas pisang di Provinsi Lampung. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif, analisis nilai tambah, dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Rekomendasi strategi pengembangan organisasi rantai nilai komoditas pisang di Provinsi Lampung adalah program peningkatan kesadaran bekerjasama sebagai satu organisasi yang mampu membantu tercapainya tujuan hubungan yang harmonis dimana institusi pendidikan sebagai aktor rantai pasok pendukung serta industri pengolah pisang aktor rantai pasok inti, berperan besar dalam pengembangan faktor komitmen untuk berkembang bersama dalam mewujudkan goal peningkatan efektifitas organisasi rantai nilai komoditas pisang di Provinsi Lampung.
Collections
- UT - Management [3455]