Evaluasi dan Perancangan UX Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Kota Tebing Tinggi.
Abstract
Layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat di Kota Tebing Tinggi
memiliki kekurangan dalam hal usability. Oleh karena itu diperlukan evaluasi
terhadap layanan tersebut dengan memperhatikan komponen dari e-government
usability guidelines. Evaluasi dilakukan pada tahap pengembangan e-government
tingkat information, interaction, dan transaction. Metode yang dilakukan dalam
penelitian ini terdiri atas 3 tahapan utama yaitu wawancara terhadap existing system,
pengecekan existing system sesuai dengan e-government usability guidelines, dan
perancangan rekomendasi prototipe perbaikan sistem. Hasil dari penelitian ini
adalah rancangan prototipe perbaikan layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat
di Kota Tebing Tinggi dengan persentase task success rate sebesar 95%. Persentase
task success rate menunjukkan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan
prototipe perbaikan sistem.
Collections
- UT - Computer Science [2335]