Metode CART untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor yang Memengaruhi Waktu Pembelian Kendaraan Kedua
View/Open
Date
2019Author
Setiawaty, Eka
Afendi, Farit Mochamad
Suhaeni, Cici
Metadata
Show full item recordAbstract
Peningkatan persaingan antar perusahaan penjual kendaraan pribadi membuat masing-masing perusahaan memerlukan strategi pemasaran guna mempertahankan pelanggan dan meningkatkan angka penjualan produknya. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah memprospek pelanggan di waktu yang tepat. Penentuan waktu yang tepat dapat didekati dengan mengidentifikasi hubungan antara peubah-peubah penjelas yang berpengaruh terhadap jarak pembelian berdasarkan data transaksi Perusahaan Z tahun 2002 sampai 2015 menggunakan metode Classification and Regression Trees (CART). Analisis data dipisahkan antara kelompok pelanggan yang melakukan pembelian kedua maksimal 10 tahun setelah pembelian pertama (kelompok A) dan lebih dari 10 tahun setelah pembelian pertama (kelompok B). Pohon regresi kelompok A menghasilkan 8 simpul akhir dengan nilai MAD sebesar 1.84 tahun. Peubah penyekat yang berperan, yaitu peubah tenor, pekerjaan, usia, dan merek. Pohon regresi kelompok B menghasilkan 4 simpul akhir dengan peubah penyekat servis resmi dan pekerjaan. Nilai MAD untuk pohon regresi kelompok B adalah sebesar 0.56 tahun.