Analisis Perilaku Gizi tentang Pedoman Gizi Seimbang dan Status Gizi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bogor Barat
View/Open
Date
2018Author
Wulandari, Ajeng Tresna
Marliyati, Sri Anna
Madanijah, Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku gizi tentang pedoman
gizi seimbang dan status gizi guru sekolah dasar di Bogor. Desain penelitian
adalah cross-sectional, melibatkan 97 orang guru. Data berat badan dan tinggi
badan diperoleh melalui pengukuran langsung; data karakteristik contoh dan
keluarga, paparan informasi pangan dan gizi, pengetahuan gizi, sikap gizi, dan
praktik gizi diperoleh melalui self-reported questionnaire; data konsumsi pangan
diperoleh menggunakan metode recall 2x24 jam dan food frequency questionnaire
(FFQ). Hasil korelasi Spearman menunjukkan tidak terdapat hubungan signifikan
(p>0.05) antara pengetahuan dengan sikap gizi dan praktik gizi. Demikian pula
tidak terdapat hubungan signifikan (p>0.05) antara pengetahuan, sikap dan praktik
gizi contoh dengan status gizi. Terdapat hubungan signifikan antara praktik gizi
dengan tingkat kecukupan karbohidrat (r=0.235; p=0.021). Demikian pula
terdapat hubungan signifikan antara tingkat kecukupan protein (r=-0.454;
p=0.000) dan tingkat kecukupan karbohidrat (r=-0.237; p=0.020) dengan status
gizi.
Collections
- UT - Nutrition Science [3026]