Analisa Persepsi Konsumen terhadap Atribut Desa Wisata di Kabupaten Sleman
Abstract
Desa wisata memiliki potensi ekonomi bagi masyarakat dan perlu
dikembangkan. Oleh sebab itu diperlukan pemahaman persepsi konsumen
terhadap atribut desa wisata. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi
persepsi konsumen berikut prioritasnya mengenai atribut desa wisata, menganalisa
kondisi desa wisata berdasarkan atributnya, serta merumuskan rekomendasi
pengembangan desa wisata. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah uji Friedman dan analisa kualitatif. Penelitian ini menggunakan 48 sampel
konsumen dengan metode convenience sampling dan 6 sampel desa wisata
dengan metode purposive sampling. Hasil Uji Friedman menunjukkan atribut
pelayanan merupakan prioritas utama dalam atribut desa wisata. Desa wisata
dengan atribut pelayanan paling baik adalah Desa Sengir (Desa Wisata Rumah
Domes), Desa Wisata Pancoh dan Desa Wisata Grogol. Rekomendasi dalam
penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah pengelola desa
wisata perlu mengajukan permohonan pelatihan pelayanan prima dan motivasi
kepada Dinas terkait, memiliki kerja sama atau pendampingan dari institusi
pendidikan, serta seluruh elemen masyarakat perlu menyadari manfaat adanya
konsumen yang datang ke desa wisata.
Collections
- UT - Agribusiness [4645]