Perancangan User Experience Sistem Informasi Point of Sale Berbasis Web Menggunakan Metode Lean UX
Abstract
Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat memodernisasi proses bisnis. Untuk itu diperlukan penelitian tentang User Experience (UX) agar sistem informasi interaktif, mudah, dan nyaman dalam penggunaannya. Salah satu UMKM yaitu bengkel sepeda motor setiap hari perlu melakukan pencatatan transaksi penjualan produk maupun pembelian produk, serta inventory management. Penelitian ini bertujuan membangun prototipe aplikasi Point of Sale (POS) dengan memperhatikan aspek UX. Hasil penelitian ini akan diimplementasikan oleh tim pengembang untuk modul transaksi dan modul inventory. Metode yang digunakan untuk membentuk prototipe aplikasi pada tingkat mid-fidelity adalah Lean UX dengan dua kali iterasi. Hasil pengujian pengguna dievaluasi menggunakan teknik Cognitive walkthrough dengan tiga penguji yaitu satu sebagai pemilik bengkel sekaligus petugas kasir, satu sebagai petugas inventory, dan satu sebagai teknisi. Pada pengujian iterasi satu diperoleh success rate sebesar 90% dan nilai efisien sebesar 72%. Pada pengujian iterasi dua diperoleh success rate sebesar 100% dan nilai efisiensi 78%. Keseluruhan success rate pada pengujian antarmuka sebesar 100% dan nilai efisiensi sebesar 92%. Hasil pengujian dapat dikatakan bahwa antarmuka PayPos mudah untuk digunakan.
Collections
- UT - Computer Science [2323]