Analisis Strategi Pemasaran Ternak Berbasis E-Commerce diPT X
Abstract
PT X merupakan salah satu perusahaan marketplace beternak online yang
menghubungkan mitra (investor kandang, mitra bisnis, member dan peternak
rakyat) dengan konsumen. Produk yang dipasarkan PT X meliputi ternak domba
(gembel, garut, merino) dan sapi (ongol, hisar, simmental). PT X dalam
memasarkan produknya menggunakan sistem pemasaran online berbasis ecommerce.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan
kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran ternak di PT X.
Penelitian ini menggunakan metode wawancara langsung yang melibatkan seluruh
responden sebanyak 3 orang pengelola PT X dan 1 responden ahli. Data dianalisis
menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dan disajikan secara
deskriptif. Terdapat 3 unsur yang saling terkait dalam menganalisis strategi
pemasaran ternak online PT X, antara lain unsur faktor (sistem pengiriman dan
ketersediaan produk) aktor (Founder, Kordinator Mobile Sentra, dan Support
Service) dan alternatif (menjaga kualitas produk, memperluas hubungan
kerjasama, danmeningkatkan sistem pelayanan).Penelitian ini menyimpulkan
bahwaketersediaan produk menjadi faktor prioritas denganKoordinator Mobile
Sentra memiliki peranan terpenting sebagai aktor dalam penyusunan strategi
pemasaran PT X. Menjaga kualitas produk menjadi strategiutama yang dapat
diterapkanPT X dalam meningkatkan pemasarannya.