Show simple item record

dc.contributor.advisorAnwar, Dewi Rezalani
dc.contributor.authorIzdihar, Jasmine Kashmira
dc.date.accessioned2019-01-24T03:07:46Z
dc.date.available2019-01-24T03:07:46Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96512
dc.description.abstractKondisi lanskap sekolah penting untuk diperhatikan karena sangat mempengaruhi kondisi proses belajar yang mampu membangkitkan peran serta anak didik. Sekolah alam merupakan salah satu bentuk sarana pendidikan yang memperhatikan lanskap sekolah dan bagaimana muridnya menghargai lingkungan. Salah satu sekolah alam terdapat di Tanah Baru, Kota Bogor. Sekolah alam ini memiliki program pendidikan inklusif untuk anak berkebutuhan khusus, dimana anak yang memiliki kebutuhan khusus dapat berinteraksi dengan teman sebayanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat konsep serta desain taman sekolah yang dapat memberikan fungsi pendidikan dan penyembuhan melalui program dan aktivitas yang dapat menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak dengan kualitas lingkungan yang baik dan estetik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisis unsur kualitatif dan kuantitatif aspek fisik-biofisik, sosial, dan pendidikan untuk murid berkebutuhan khusus. Metode ini dilakukan melalui empat tahap yaitu: (1) tahap persiapan, (2) menganalisis kondisi eksisting (fisik-biofisik) dan proses pendidikan murid berkebutuhan khusus melalui pengamatan langsung dan studi pustaka, (3) tahap pengolahan data, serta (4) tahap mendesain. Konsep dasar dari taman sekolah ini adalah menciptakan taman sekolah yang edukatif, interaktif, dan dapat digunakan untuk terapi, dengan memadukan kegiatan terapi yang sudah ada sebelumnya. Konsep dasar dari taman ini berasal dari building blocks for learning yang terdiri dari beberapa keterampilan yang didapatkan melalui kegiatan terapi. Konsep desain yang diaplikasikan pada tapak merupakan pengembangan dari konsep building blocks, yaitu building blocks of life atau struktur penyusunan tubuh makhluk hidup dimana sel adalah tingkatan struktural terendah sama seperti sekolah dasar dalam sistem pendidikan. Penelitian ini dibatasi sampai tahap penyusunan desain lanskap dengan hasil akhir berupa site plan yang dilengkapi gambar detail.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agriculture University (IPB)id
dc.subject.ddcLandscape Architectureid
dc.subject.ddcPlanting Designid
dc.subject.ddc2018id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titleDesain Taman Sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Alam Bogor.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordDesain Terapeutikid
dc.subject.keywordTaman Sensorikid
dc.subject.keywordProgram Pendidikan Inklusifid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record