View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Agriculture
      • UT - Landscape Architecture
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Agriculture
      • UT - Landscape Architecture
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Desain Taman Sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Alam Bogor.

      No Thumbnail [100%x80]
      View/Open
      full teks (60.75Mb)
      Date
      2018
      Author
      Izdihar, Jasmine Kashmira
      Anwar, Dewi Rezalani
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kondisi lanskap sekolah penting untuk diperhatikan karena sangat mempengaruhi kondisi proses belajar yang mampu membangkitkan peran serta anak didik. Sekolah alam merupakan salah satu bentuk sarana pendidikan yang memperhatikan lanskap sekolah dan bagaimana muridnya menghargai lingkungan. Salah satu sekolah alam terdapat di Tanah Baru, Kota Bogor. Sekolah alam ini memiliki program pendidikan inklusif untuk anak berkebutuhan khusus, dimana anak yang memiliki kebutuhan khusus dapat berinteraksi dengan teman sebayanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat konsep serta desain taman sekolah yang dapat memberikan fungsi pendidikan dan penyembuhan melalui program dan aktivitas yang dapat menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak dengan kualitas lingkungan yang baik dan estetik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisis unsur kualitatif dan kuantitatif aspek fisik-biofisik, sosial, dan pendidikan untuk murid berkebutuhan khusus. Metode ini dilakukan melalui empat tahap yaitu: (1) tahap persiapan, (2) menganalisis kondisi eksisting (fisik-biofisik) dan proses pendidikan murid berkebutuhan khusus melalui pengamatan langsung dan studi pustaka, (3) tahap pengolahan data, serta (4) tahap mendesain. Konsep dasar dari taman sekolah ini adalah menciptakan taman sekolah yang edukatif, interaktif, dan dapat digunakan untuk terapi, dengan memadukan kegiatan terapi yang sudah ada sebelumnya. Konsep dasar dari taman ini berasal dari building blocks for learning yang terdiri dari beberapa keterampilan yang didapatkan melalui kegiatan terapi. Konsep desain yang diaplikasikan pada tapak merupakan pengembangan dari konsep building blocks, yaitu building blocks of life atau struktur penyusunan tubuh makhluk hidup dimana sel adalah tingkatan struktural terendah sama seperti sekolah dasar dalam sistem pendidikan. Penelitian ini dibatasi sampai tahap penyusunan desain lanskap dengan hasil akhir berupa site plan yang dilengkapi gambar detail.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96512
      Collections
      • UT - Landscape Architecture [1258]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      NoThumbnail