Pengaruh Karakteristik Demografi, Sosial, dan Ekonomi terhadap Keberdayaan Konsumen Lembaga Pendidikan Formal.
Abstract
Saat ini konsumen belum cukup terdidik dan terinformasi dengan baik
sehingga belum mampu memilih lembaga pendidikan yang terbaik dan belum aktif
melindungi dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
karakteristik demografi, sosial, dan ekonomi terhadap keberdayaan konsumen
lembaga pendidikan formal. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional
study terhadap 52 orang sebagai responden. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan inferensia. Nilai indeks keberdayaan konsumen pada penelitian ini
ialah 54.34 yang termasuk dalam kategori mampu. Hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa konsumen lembaga pendidikan formal berusia dewasa awal
(19-24 tahun), berjenis kelamin perempuan, berpendidikan menengah dan tidak
bekerja dengan pendapatan ≤Rp 3 204 551 per bulan adalah responden yang paling
berdaya dibandingkan kelompok responden lainnya. Uji regresi linier berganda
menunjukkan bahwa usia berpengaruh terhadap indeks keberdayaan konsumen.
Hasil uji beda t-test indeks keberdayaan konsumen berdasarkan karakteristik
demografi, sosial, dan ekonomi tidak berbeda nyata.