View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Nutrition Science
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Nutrition Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis penerimaan, pengetahuan, dan lama penggunaan media cakram gizi remaja pada siswa SMP dan SMA di Kota Bogor.

      No Thumbnail [100%x80]
      View/Open
      full teks (15.52Mb)
      Date
      2018
      Author
      Nurlita, Asri Ismiyani
      Hardinsyah
      Tanziha, Ikeu
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Remaja dengan status gizi normal merupakan investasi yang menentukan kualitas sumber daya manusia di masa yang akan datang. Media edukasi gizi sangat diperlukan di sekolah-sekolah agar remaja lebih peduli terhadap status gizi mereka masing-masing. Cakram gizi remaja yang diproduksi oleh PERGIZI PANGAN ialah sebuah media edukasi untuk mengetahui status gizi seseorang dengan cepat, tepat, dan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penerimaan, pengetahuan, dan lama penggunaan cakram gizi pada remaja. Desain studi berupa cross-sectional yang dimulai sejak bulan Mei hingga bulan Agustus 2018. Penarikan subjek dengan metode purposive ini melibatkan 82 siswa dari SMPN 5 Bogor dan 85 siswa dari SMAN 3 Bogor. Data primer meliputi karakteristik subjek dan keluarga, tingkat penerimaan, pengetahuan, yang dikumpulkan melalui hasil dari penyebaran kuesioner dan lama penggunaan cakram diukur dengan stopwatch. Data sekunder meliputi gambaran sekolah serta adanya alat edukasi pemantauan status gizi, yang dikumpulkan melalui proses wawancara. Menurut pendapat ahli, cakram bermanfaat sebagai tahap awal dalam pemantauan status gizi remaja yang cepat, tepat, dan mudah. Namun, masih diperlukan penambahan sejumlah informasi gizi pada cakram yang telah beredar. Secara keseluruhan, baik siswa SMP dan SMA tertarik dan dapat menerima visualisasi, desain dan layout, isi, serta informasi keseluruhan cakram. Sebagian besar siswa SMA (61.2%) maupun siswa SMP (52.4%) tergolong sangat baik dalam tingkatan pengetahuan mengenai isi cakram. Rata-rata siswa SMP menghabiskan waktu 31.6 ± 15.6 detik dan siswa SMA menghabiskan waktu 27.8 ± 9.2 detik untuk menggunakan kedua sisi cakram cakram dengan efektif. Terdapat perbedaan nyata (p<0.05) antar sekolah mengenai tingkat pengetahuan cakram dan lama penggunaannya. Tidak terdapat perbedaan nyata (p>0.05) mengenai penerimaan secara keseluruhan cakram gizi remaja pada siswa SMP dan SMA.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96392
      Collections
      • UT - Nutrition Science [3026]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      NoThumbnail