Analisis Faktor Engagement Karyawan Generasi Milenial pada Perusahaan Berbasis Ekonomi Kreatif.
View/Open
Date
2018Author
Fahreza, Sayadi
Kartika, Lindawati
Sayekti, Andita
Metadata
Show full item recordAbstract
Karyawan Generasi Milenial memiliki karakteristik psikis yang berbeda
dengan generasi lainnya. Karyawan Generasi Milenial memiliki tingkat
engagement yang paling rendah dibanding generasi X dan Baby Boomers (Hewitt
2016). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis engagement driver utama
karyawan Generasi Milenial pada perusahaan berbasis ekonomi kreatif,
menganalisis faktor-faktor engagement karyawan Generasi Milenial yang bekerja
pada perusahaan berbasis ekonomi kreatif dan merumuskan strategi peningkatan
engagement yang sesuai dengan karakteristik karyawan Generasi Milenial. Data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui
kuesioner dan data sekunder dari BPS, Bekraf dan Hewitt (2016). Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis faktor dan model
diagram pohon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa work life balance adalah
engagement driver utama menurut persepsi karyawan Generasi Milenial, autonomy
dan career opportunity adalah engagement driver utama menurut persepsi pakar.
Analisis faktor membentuk enam faktor engagement, yaitu organization,
compensation and benefit, the work, team work, pride, dan performance. Model
peningkatan engagement karyawan Generasi Milenial disajikan dalam diagram
pohon dengan formula Co-Auto Balance Gamification.
Collections
- UT - Management [3498]