Pengembangan Model Bisnis Hakko Kombucha.
Abstract
Hakko Kombucha merupakan produk minuman teh fermentasi fungsional ready to drink (RTD) yang diproduksi oleh Fermenation. Fermenation sebagai start up bisnis memiliki visi untuk memperkenalkan gaya hidup sehat melalui produk fermentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui target pasar dari Hakko Kombucha dan menyusun strategi pemasaran untuk Hakko Kombucha. Bisnis Start-up saat ini harus menghadapi persaingan pasar yang kompetitif, hal ini membuat perusahaan perlu mengidentifikasi portofolio yang telah ada agar dapat bersaing dalam pasar. Metode yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) untuk memetakan model bisnis yang telah dijalankan oleh Fermenation. Penelitian dilakukan melalui wawancara dengan pendiri Fermenation, kompetitor, partner, dan pelanggan. Berdasarkan analisis dari BMC saat ini dan wawancara, dihasilkan alternatif perbaikan. Saran perbaikan yang diberikan adalah untuk meningkatkan hubungan konsumen melalui media sosial, mengeluarkan varian rasa minuman, dan melakukan scale up untuk menurunkan harga produksi. Alternatif perbaikan digambarkan dalam BMC 2.