Analisis Kinerja Struktur Atas Tol Bogor Outer Ring Road Seksi 2-B Terhadap Beban Gempa.
View/Open
Date
2018Author
Paradita, Refika Aulia
Fauzan, Muhammad
Mentari, Sekar
Metadata
Show full item recordAbstract
Gempa bumi berpotensi menyebabkan kerusakan material berupa kerusakan
pada bangunan dan fasilitas umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
kinerja struktur tol BORR Seksi 2B terhadap beban gempa. Analisis dilakukan
dengan permodelan yang dirancang dari P30-P34 berdasarkan data yang diperoleh
dari PT Marga Sarana Jabar dengan menggunakan CSI bridge v20 dan mengacu
pada peraturan-peraturan serta peta zonasi Gempa Indonesia. Penelitian dilakukan
dari bulan Mei - Agustus 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12
mode getar yang mungkin terjadi pada struktur jembatan. Periode terbesar terjadi
pada mode 1 yaitu sebesar 0,66122 det yang sudah mewakili prilaku struktur
sehingga nilai kekakuannya sebesar 1026,146 kN/m. Displacement terbesar yang
terjadi pada jembatan sebesar 18,8 mm. Gaya-gaya dalam nominal jembatan aman
terhadap beban ultimit yang telah dimasukkan faktor gempa dengan nilai ϕMn
69276,7 kNm ≥ Mu = 72894,6397 kNm, ϕVn = 11868,22 kN ≥ Vu = 11868,2
kN, dan ϕTc / ϕTn = 78453,60 kNm ≥ Tu = 68297,1 kNm. Dari perhitungan
tulangan yang dilakukan nilai tulangan lentur, geser , dan puntir balok dapat
dikatakan aman.