Analisis Strategi Pemasaran Cafe Terminal O Bogor.
View/Open
Date
2018Author
Sholihin, Mukhlis
Warsiki, Endang
Darmawan, Muhammad Arif
Metadata
Show full item recordAbstract
Cafe Terminal O merupakan bisnis kuliner baru yang menawarkan fasilitas dan kenyamanan pelanggan sebagai poin utamanya. Persaingan di dunia bisnis makanan di kota Bogor membuat Cafe Terminal O harus lebih cermat dalam menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh rekomendasi strategi pemasaran terbaik bagi Cafe Terminal O. Penelitian ini dilakukan dengan alat analisis deskriptif, analisis faktor internal dan eksternal (IFE dan EFE), matriks IE, matriks SWOT, QSPM serta BMC untuk implikasi manajerial. Hasil penelitian menunjukan bahwa posisi Cafe Terminal O berada pada sel IV pada matriks IE dengan nilai IFE 3,77 dan nilai EFE 2,58 yang berarti dalam keadaan tumbuh dan bina. Strategi pemasaran yang sesuai adalah penetrasi pasar, pengembangan produk, pengembangan pasar, dan strategi integrasi. Berdasarkan hasil QSPM urutan strategi pemasaran terpilih yaitu pengembangan produk (6,53), strategi integrasi (6,42), penetrasi pasar (5,80) dan pengembangan pasar (4,81). Cafe sebaiknya dilengkapi dengan hotspot mikrotik, dekorasi yang nyaman dan perubahan layout.