UT - Agribusiness
Browse by
Recent Submissions
-
Analisis Sistem Pemasaran Sapi Potong di Desa Palon, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
(2024)Mayoritas peternak Desa Palon memiliki posisi tawar (bargaining position) lemah dikarenakan keterbatasan informasi mengenai konsumen akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sistem pemasaran sapi potong serta ... -
Faktor-Faktor yang Menentukan Keputusan Petani dalam Memilih Lembaga Pemasaran Jeruk Pamelo di Kabupaten Magetan
(2024)Struktur pasar oligopsoni menjadi fenomena umum pada pasar produk produk usahatani kecil seperti jeruk pamelo di Kabupaten Magetan. Oleh karena itu penting untuk mempelajari sejauh mana petani jeruk pamelo di Kabupaten ... -
Analisis Strategi Pemasaran Ikan Asin Agen Sumber Jaya di Pasar Tradisional Ikan Asin Jakarta Utara
(2024)Agen Sumber Jaya adalah salah satu perusahaan yang mengusahakan ikan asin di daerah Jakarta Utara. Saat ini, Agen Sumber Jaya menghadapi permasalahan pada penjualan ikan asin yang masih fluktuatif sehingga perlu dilakukan ... -
Karakteristik Brand Ambassador yang Dapat Memengaruhi Minat Beli Konsumen pada Produk Susu UHT
(2024)Kondisi persaingan yang semakin ketat pada industri minuman susu UHT membuat para pelaku bisnis di industri tersebut berlomba-lomba untuk menerapkan berbagai strategi pemasaran yang dinilai tepat dan efektif. Salah satu ... -
Pengaruh Bantuan Pangan Beras BULOG dan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) terhadap Volatilitas Harga Beras di Kabupaten Bogor
(2024)Kenaikan harga beras akan berdampak pada skala makroekonomi yang akan menyebabkan inflasi. Sementara pada skala mikroekonomi akan menyebabkan kenaikan pengeluaran rumah tangga sehingga menimbulkan kerawanan pangan. Pemerintah ... -
Strategi Pengembangan Bisnis Pupuk Organik Vermikompos melalui Pendekatan Business Model Canvas
(2024)Peningkatan produksi hasil pertanian memerlukan dukungan dari pupuk berkualitas. Pupuk vermikompos merupakan jenis pupuk organik bernilai tinggi dengan kandungan nutrisi yang lengkap, namun jumlah ketersediaannya masih ... -
Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Cimory Yoghurt
(2024)Peningkatan produksi susu segar di Indonesia dari tahun ke tahun yang tidak diimbangi dengan peningkatan konsumsi susu nasional membuka peluang pasar susu nasional melalui industri olahan susu. Yoghurt menjadi salah satu ... -
Kelayakan Finansial Penggunaan Sistem Rantai Dingin (Coldchain) Pada Usaha Rumah Potong Hewan Unggas (Studi Kasus RPA AKBAR Kota Bandar Lampung)
(2024)Penerapan sistem rantai dingin (SRD) pada usaha rumah potong hewan unggas (RPHU) di Indonesia masih cukup minim, terutama pada RPHU skala kecil. Dari sisi konsumen hal tersebut berkaitan dengan perilaku konsumen mayoritas ... -
Analisis Kelayakan Bisnis Minuman Kemasan Pada Teaching Industry Science Techno Park Institut Pertanian Bogor
(2024)Industri minuman siap minum, terutama minuman fungsional memiliki potensi pasar yang besar. Untuk menangkap potensi pasar tersebut, IPB University melalui Science Techno Park IPB mendirikan Gedung Teaching Industry ... -
Analisis Kelayakan Usaha Pupuk Organik Cair (Studi Kasus CV Mitra Tani Farm)
(2024)Sektor pertanian Indonesia didukung oleh luasnya lahan dan penggunaan pupuk. Namun, pupuk kimia merusak tanah dalam jangka panjang. Pupuk organik menjadi solusi berkelanjutan untuk meningkatkan produktivitas tanpa merusak ... -
Pendapatan Usahatani Cabai Rawit Varietas Loblita 2
(2024)Cabai rawit merupakan tanaman hortikultura yang memiliki peran penting dalam perekonomian di Indonesia. Kabupaten Blitar menjadi salah satu daerah penghasil cabai rawit. Namun, hasil produksinya mengalami penurunan pada ... -
Pengaruh Kemitraan Terhadap Produksi dan Pendapatan Peternak Sapi Perah di Desa Pinggirsari Kabupaten Bandung
(2024)Kabupaten Bandung menjadi salah satu sentra peternakan sapi perah di Indonesia. Produksi susu dalam negeri belum mampu memenuhi kebutuhan susu dalam negeri. Kendala yang dihadapi para peternak sapi perah di Indonesia ... -
Manajemen Persediaan Bahan Baku Singkong (Studi Kasus UMKM XYZ)
(2024)Ketersediaan bahan baku yang tepat dan sesuai akan meningkatkan kinerja perusahaan dalam memenuhi permintaan konsumen. Salah satu UMKM yang memproduksi keripik singkong berada di Desa Cijujung, Kabupaten Bogor. UMKM XYZ ... -
Identifikasi Model Bisnis Ranum Fruit Gift dengan Pendekatan Business Model Canvas
(2024)Bisnis industri hamper buah terus berkembang, menunjukkan prospek yang menjanjikan di masa depan, terutama karena modal besar tidak lagi menjadi tantangan utama. Ranum Fruit Gift adalah salah satu bisnis hamper buah yang ... -
Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur Senopati Farm di Kabupaten Lampung Selatan
(2024)Usaha peternakan ayam ras petelur semakin berkembang ditunjukkan dengan meningkatnya populasi ayam ras petelur. Kebutuhan telur ayam ras di masyarakat semakin meningkat ditandai dengan adanya peningkatan konsumsi rata-rata ... -
Kelayakan Usaha Pembuatan Tempe UMK Tarono di Kota Tangerang Selatan
(2024)Permasalahan utama pada industri tempe kedelai adalah harga kedelai tidak stabil, seperti pada pandemi Covid-19. Sehingga pengembangan dengan skala UMKM seperti UMK Tarono perlu diatasi terutama pada pengembangan peningkatan ... -
Kelayakan Pengembangan Usaha Bebek Hibrida Pedaging Gunsi 888 pada Peternakan Mina Alam Lestari
(2024)Peternakan Mina Alam Lestari berencana meningkatkan produksi bebek Gunsi 888 sebanyak 58% dari permintaan sebelumnya. Pengembangan ini memerlukan investasi, sehingga diperlukan analisis kelayakan usaha. Analisis ini ... -
Perencanaan Bisnis Berbasis Ekonomi Sirkular Melalui Budidaya Maggot
(2024)Indonesia merupakan negara dengan jumlah sampah makanan terbanyak, namun tingkat kelaparan Indonesia masih tergolong tinggi di ASEAN. Alternatif solusinya adalah biokonversi sampah makanan dengan budidaya maggot berbasis ... -
Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Kembali di Kedai Kopi Tomoro Jakarta
(2024)Berdasarkan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian (2021), konsumsi kopi nasional terus mengalami peningkatan tiap tahunnya mulai tahun 2016-2020. Tingginya konsumsi kopi nasional mengakibatkan ... -
Daya Saing dan Faktor yang Memengaruhi Volume Ekspor Lobster Segar Indonesia ke Cina
(2024)Cina menjadi negara tujuan utama Indonesia untuk mengekspor lobster. Indonesia perlu untuk meningkatkan daya saing ekspor lobster segarnya agar dapat bersaing di pasar Cina. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk ...