dc.description.abstract | Tingginya tingkat persaingan industri kreatif diikuti dengan pangsa pasar yang
semakin tumbuh membuat Coworking space di Kolaborato perlu melakukan peningkatan
kualitas pelayanan untuk mempertahankan eksistensinya. Oleh karena itu perlunya analisis
kualitas layanan sebagai langkah strategis dalam menyusun komponen terbaik untuk tidak
sekedar mempertahankan eksistensi, namun perlu untuk meningkatkan kualitas layanan
sebagai pedoman guna mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Tujuan dari penelitian ini
adalah mengindentifikasi karakteristik pelanggan, menganalisis pengaruh kualitas layanan
terhadap kepuasan pelanggan serta mencari tahu faktor manakah dari lima elemen kualitas
layanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Data penelitian
menggunakan data primer yang didapatkan melalui kuesioner dan data sekunder yang
diperoleh dari studi pustaka. Metode pemilihan sampel menggunakan metode nonprobability
sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis SEM dengan
metode PLS menunjukkan bahwa kualitas layanan mempunyai pengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Faktor yang paling berpengaruh dalam kepuasan
pelanggan adalah jaminan, empati, kehandalan, bukti fisik dan daya tanggap. | id |