Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Hans Clean Laundry Tebet.
Abstract
Salah satu perusahaan bidang pelayanan jasa laundry kiloan yang ada di
Tebet adalah Hans Clean Laundry. Realisasi jumlah kilogram pakaian yang belum
mencapai target, ditambah permasalahan kualitas pelayanan dan belum pernah
dilakukan customer satisfication survey. Hans Clean perlu memperhatikan
kualitas pelayanan dan harga untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Tujuan
penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen Hans Clean
Laundry, (2) Menganalisis persepsi konsumen terkait kualitas pelayanan dan
harga pada Hans Clean Laundry, (3) Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan
dan harga terhadap kepuasan konsumen Hans Clean Laundry. Data primer
diperoleh melalui hasil kuesioner, data sekunder diperoleh dari literatur yang
relevan. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis desktiptif dan analisis
structural equation modelling (SEM) dengan bantuan program SmartPLS.
Variabel yang berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen
adalah variabel empati, jaminan dan harga.
Collections
- UT - Management [3498]