View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Efisiensi Pemasaran dan Nilai Tambah Komoditas Nanas Madu di Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

      No Thumbnail [100%x80]
      View/Open
      full teks (2.209Mb)
      Date
      2018
      Author
      Fani, Desi Mutiara
      Hastuti
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kabupaten Pemalang merupakan sentra produksi nanas terbesar di Jawa Tengah. Nanas yang terdapat di Kabupaten Pemalang terkenal dengan sebutan nanas madu. Pemerintah Kabupaten Pemalang mengembangkan nanas madu sebagai komoditas asli dari Kabupaten Pemalang. Kecamatan Belik merupakan daerah penghasil nanas madu terbesar di Kabupaten Pemalang. Petani nanas madu di Kecamatan Belik memiliki keterbatasan dalam pemanenan, penyimpanan, dan pengolahan produk sehingga pemasaran nanas madu melibatkan banyak lembaga pemasaran. Hal tersebut menunjukkan rendahnya bergaining position petani karena harga jual di tingkat petani jauh lebih rendah dibandingkan harga beli di tingkat konsumen. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis lembaga pemasaran, saluran pemasaran, fungsi pemasaran, efisiensi pemasaran, dan nilai tambah pengolahan nanas madu. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis marjin pemasaran, farmer’s share, B/C ratio, elastisitas transmisi harga, dan nilai tambah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh saluran pemasaran nanas madu yang melibatkan lembaga pemasaran petani, pedagang pengumpul desa, pedagang besar, pengecer, pengecer luar, dan industri rumah tangga pengolahan nanas madu. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan yaitu fungsi pertukaran, fisik, dan fasilitas. Berdasarkan analisis marjin pemasaran, farmer’s share, B/C ratio, dan elastisitas transmisi harga, saluran IV merupakan saluran yang paling efisien. Analisis nilai tambah menunjukkan bahwa pengolahan stik memberikan nilai tambah terhadap komoditas nanas madu.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/95643
      Collections
      • UT - Resources and Environmental Economic [2258]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      NoThumbnail