Analisis Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen (Kasus Restoran Warnong, kota Jakarta).
Abstract
Warnong adalah salah satu usaha dibidang kuliner yang berada di
Jakarta. Sekarang ini, meningkatnya persaingan industri kuliner ditandai
dengan pertumbuhan positif jumlah restoran yang bersaing. Oleh karena itu,
pengambil keputusan harus dapat mengidentifikasi dan memahami perilaku
konsumen sehingga usaha yang dijalankan dapat bersaing dengan usaha
lain. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi
preferensi konsumen dan juga proses keputusan pembelian yang dilakukan
oleh konsumen. Metode yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis
deskriptif. Berdasarkan penelitian, mayoritas konsumen yang berkunjung ke
Warnong adalah wanita, memiliki usia rentang 18 sampai 25 tahun, berasal
dari Jakarta, berstatus belum menikah, memiliki tingkat pendidikan terakhir
SMA, merupakan pelajar, memiliki pendapatan kurang dari Rp 2000000.
Hasil penelitian ini juga menunjukkan terdapat lima faktor utama yang
mempengaruhi preferensi konsumen antara lain pelayanan dan identitas,
kualitas, tampilan dan sarana pendukung, produk, dan suasana.
Collections
- UT - Agribusiness [4645]