Dukungan orang tua, efikasi diri, motivasi akademik, dan prokrastinasi akademik remaja putra dan putri di Wilayah Miskin Perdesaan
Abstract
Perilaku menunda mengerjakan dan menyelesaikan tugas akademik merupakan permasalahan yang sering terjadi di lingkungan akademik. Penelitian yang menjelaskan secara komprehensif pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap prokrastinasi akademik pada remaja di wilayah miskin perdesaan masih jarang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan tingkat motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, amotivasi dan prokrastinasi akademik antara remaja putra dan putri. Remaja putri memiliki motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik yang lebih tinggi daripada remaja putra. Sementara itu, amotivasi dan prokrastinasi akademik lebih banyak dilakukan oleh remaja putra. Jenis kelamin, dukungan otonomi ibu, efikasi diri, motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik diketahui berhubungan negatif signifikan dengan prokrastinasi akademik, dan amotivasi berhubungan positif signifikan dengan prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik dipengaruhi secara negatif oleh jenis kelamin, dukungan otonomi ibu, efikasi diri, dan motivasi intrinsik, serta secara positif oleh motivasi ekstrinsik.