Pengaruh Paparan Informasi, Harga Diri, dan Kesadaran Hak Konsumen terhadap Kemandirian Konsumen serta Konsumerisme pada Generasi Y.
Abstract
Penelitian ini mengenai pentingnya paparan informasi sebagai upaya dalam meningkatkan kesadaran konsumen akan haknya sehingga terwujudnya konsumen yang mandiri dan terbentuknya konsumerisme. Harga diri juga berperan dalam meningkatkan kemandirian konsumen dan membentuk konsumerisme. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh paparan informasi, kesadaran hak konsumen, dan harga diri terhadap kemandirian konsumen serta konsumerisme pada Generasi Y. Contoh dalam penelitian ini adalah konsumen yang memiliki rentang usia 18 sampai 35 tahun saat penelitian ini berlangsung. Analisis data yang digunakan adalah metode statistik deskriptif pada SPSS dan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kesadaran hak konsumen terhadap kemandirian konsumen, harga diri terhadap kemandirian konsumen, dan kemandirian konsumen terhadap konsumerisme.