Pengaruh Komunikasi Ibu-Pengasuh dan Interaksi Pengasuh-Anak terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah di Daycare
Abstract
Perkembangan anak tidak lepas dari peran kedua orang tua, namun bagi orang tua yang keduanya bekerja, peran orang tua seringkali harus digantikan oleh peran pengasuh lain. Salah satu pilihan orang tua adalah menitipkan anak di Taman Penitipan Anak (TPA)/daycare selama kedua orang tua pergi bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh komunikasi ibu-pengasuh dan interaksi pengasuh-anak terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah di TPA. Kerangka contoh dalam penelitian ini adalah anak yang berusia 2.5-6.4 tahun dengan orang tua lengkap dan tidak bercerai yang tercatat sebagai siswa di empat TPA terpilih. Responden penelitian ini adalah 39 anak dan ibunya serta 16 pengasuh TPA yang kesehariannya berinteraksi dengan anak. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan pemilihan TPA yang menjadi lokasi penelitian dilakukan secara purposive berlokasi di wilayah-wilayah penyangga ibu kota DKI Jakarta, yaitu Cibubur, Bekasi, Tangerang, dan Bogor. Data dikumpulkan dengan cara self-administered untuk mengukur variabel pada ibu dan observasi untuk mengukur variabel pada pengasuh dan anak. Hasil penelitian menemukan adanya hubungan positif signifikan antara komunikasi ibu-pengasuh dan interaksi pengasuh-anak dengan perkembangan kognitif anak. Selain itu, hasil uji regresi pada model yang dihasilkan penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi ibu-pengasuh dan interaksi pengasuh-anak juga berpengaruh positif signifikan terhadap perkembangan kognitif anak usia prasekolah di TPA.