Analisis Preferensi Konsumen dan Faktor yang Memengaruhi Pembelian di Pasar Kebon Kembang dan Pasar Bogor
Abstract
Kota Bogor merupakan salah satu kota dengan kontribusi sektor perdagangan yang paling tinggi. Peran pasar tradisional di Kota Bogor juga sangat penting bagi masyarakat. PD. Pasar Pakuan Jaya adalah perusahaan yang bertugas mengelola pasar tradisional. Preferensi konsumen dalam melakukan pengambilan keputusan berbelanja dapat dijadikan sebagai acuan perbaikan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini diantaranya adalah menganalisis karakteristik konsumen Pasar Kebon Kembang dan Pasar Bogor, menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian konsumen Pasar Kebon Kembang dan Pasar Bogor, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat dalam melakukan pembelian di Pasar Kebon Kembang dan Pasar Bogor. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor. Dari penelitian ini dapat diketahui karakteristik konsumen pasar tradisional adalah wanita dengan usia produktif yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga dengan pendapatan lebih dari Rp 5 000 000. Faktor yang memengaruhi pembelian konsumen di Pasar Kebon Kembang dan Pasar Baru Bogor adalah fasilitas dan pelayanan, produk dan lokasi, penyampaian informasi, dan keistimewaan.
Collections
- UT - Management [3455]