Analisis Faktor-faktor Keputusan Pembelian Konsumen Cokelat Batang Silver Queen
Abstract
Konsumen merupakan kunci kesuksesan dalam lingkup pemasaran. Silver
Queen merupakan salah satu yang berhasil dalam menguasai pangsa pasar
konsumen khususnya produk cokelat batang. Hasil survei Top Brand Awards
Silver Queen masih menjadi pilihan favorit selama beberapa tahun dan pada tahun
2017 memiliki persentase 69.7 persen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi karakteristik konsumen yang membeli cokelat batang Silver
Queen, proses keputusan pembelian konsumen dari cokelat batang Silver Queen,
dan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan
konsumen dalam pembelian cokelat batang Silver Queen. Total responden untuk
penelitian ini adalah 330 responden. Teknik pengambilan sampling yaitu
purposive sampling dengan kriteria responden berusia 17 tahun keatas dan pernah
membeli cokelat batang Silver Queen. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, dan analisis faktor.
Berdasarkan analisis faktor, tiga faktor yang terbentuk adalah perbedaan individu
(produk), proses psikologi (promosi), dan pengaruh lingkungan (sosial). Faktor
dominan antara ketiga faktor ini adalah faktor perbedaan individu dengan nilai
loading factor 3.071.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]