Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Kinerja Toko Tani Indonesia
Abstract
Toko Tani Indonesia merupakan program dari Kementrian Pertanian
Republik Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan tata niaga pangan
berkeadilan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik konsumen
yang berbelanja di Toko Tani Indonesia dan menilai seberapa besar penilaian
konsumen terhadap kinerja Toko Tani Indonesia melalui tingkat kepuasan yang
dihasilkan. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah 100
responden yang telah melakukan pembelian lebih dari sekali dengan metode
penarikan sampel yaitu Convenience Sampling. Penelitian ini menggunakan metode
Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI)
dalam menilai kinerja Toko Tani Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa
konsumen merasa puas dengan nilai indeks CSI sebesar 79,56 % dan menilai atribut
yang memberikan kepuasan optimal adalah harga, kejujuran, keramahan penjual
dan kenyamanan toko. Toko Tani Indonesia disarankan untuk meningkatkan
kinerja terhadap ketersediaan produk agar kebutuhan konsumen selalu terpenuhi
dan kepuasan terus terjaga.
Collections
- UT - Management [3498]