Analisis Citra Merek dan Kualitas Layanan Starbucks Coffee Terhadap Loyalitas Pelanggan di Kota Bogor
Abstract
Pengaruh dari informasi yang beredar di masyarakat, serta persaingan yang
ketat dari perusahaan kopi baik coffee shop lokal maupun coffee shop yang sudah
mendunia menjadi tantangan bagi Starbucks Coffee untuk tetap mempertahankan
loyalitas dari pelanggannya terkait dengan citra merek dan kualitas layanan. Tujuan
dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi karakteristik konsumen, kemudian
menganilisis pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan, dan menganalisis
pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan Starbucks Coffee di Kota
Bogor. Data primer didapatkan dari kuesioner yang diberikan kepada 100 orang
responden yang didominasi oleh perempuan berusia 16-25 tahun dengan profesi
sebagai pelajar/mahasiswa dengan pendapatan rata-rata <3 500 000. Dari analisis
yang dilakukan dengan SEM, variabel laten dari citra merek yang memiliki
pengaruh paling signifikan pada variabel citra merek yaitu favourable, sedangkan
pada variabel kualitas layanan didapatkan hasil paling signifikan yaitu
responsiveness.
Collections
- UT - Management [3498]