Manajemen Rantai Pasok Buah Segar pada PT Sewu Segar Nusantara dengan Pendekatan Relationship Marketing.
View/Open
Date
2018Author
Loekito, Anna Kartika Ratna Dewi
Suprehatin
Metadata
Show full item recordAbstract
Berdasarkan SUSENAS BPS 2013-2017, jumlah konsumsi buah segar terbanyak adalah pada tahun 2017. Hal ini yang menjadi peluang bisnis bagi perusahaan berkomoditas buah sehingga banyak perusahaan sejenis yang menjadi pesaingnya. Saat ini, persaingan bisnis bukan hanya persaingan antar individu, melainkan persaingan antar rantai pasok. Adanya kepercayaan dan komitmen antar anggota rantai pasok akan membuat hubungan manajemen rantai pasok yang berjalan dan bertahan dalam jangka panjang. PT Sewu Segar Nusantara merupakan perusahaan pendistribusi buah-buahan segar yang bekerjasama dengan beberapa pamasoknya, yaitu: PT Great Giant Pineapple, petani yang bermitra, dan importir. Sampai saat ini, PT Sewu Segar Nusantara sudah bekerjasama dan memiliki lebih dari 3 000 pengecer yang tersebar di seluruh Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan manajemen rantai pasok yang telah diterapkan PT Sewu Segar Nusantara terhadap pemasok dan pengecernya. Metode yang dilakukan adalah secara kualitatif dengan tabel perhitungan variabel kepercayaan dan komitmen dengan pendekatan hubungan pemasaran yang diolah menggunkan microsoft office excel 2007 dan kemudian dianalisis secara deskriptif. Secara keseluruhan, berdasarkan perhitungan mitra bisnis yang layak untuk dipertahankan adalah petani yang bermitra, PT Great Giant Pineapple, dan pengecer pada pasar tradisional. Sementara pada importir dan pengecer pada pasar modern butuh perhatian khusus untuk diperbaiki terlebih dahulu.
Collections
- UT - Agribusiness [4644]