Penerapan Metode Wilson pada Prototipe Online Marketplace Kado
Abstract
Ketersediaan online marketplace dewasa ini membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hariannya dengan mudah dan cepat. Budaya pemberian hadiah sudah menjadi bagian dalam hidup manusia dan dilakukan di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototipe online marketplace kado yang bernama Domiqado yang dapat memberikan kemudahan untuk mencari dan membeli kado berdasarkan perspektif empat tipe pengguna online marketplace yaitu browser, evaluator, transactor, dan consumer. Penelitian ini mengadaptasi metode yang dikembangkan oleh Wilson. Hasil penelitian ini berupa prototipe web sampai tahap medium fidelity. Rata-rata persentase guidelines yang telah diterapkan pada web Domiqado adalah 94% pada tipe pengguna browser, 81% pada tipe pengguna evaluator, 85% pada tipe pengguna transactor, dan 83% pada tipe pengguna customer. Prototipe lalu diuji terhadap 3 responden pada iterasi pertama dan 5 responden pada iterasi kedua menggunakan metode think aloud. Sebesar 92% web Domiqado sudah mendukung responden dalam menyelesaikan tasks di iterasi pertama dan 98% pada iterasi kedua. Seluruh responden merasa puas dan mudah dalam menggunakan web Domiqado.
Collections
- UT - Computer Science [2254]