dc.description.abstract | FAM Organic Parongpong merupakan bagian dari PT Famili Ekokultura
sebagai perusahaan yang bergerak dalam penyediaan sayuran organik dengan
merek produk FAM Organic. Produk FAM Organic terdiri dari tiga puluh lima jenis
sayuran organik. Perusahaan mendistribusikan produknya pada supermarket, cafe,
restoran, dan konsumen individu. Sayuran organik hasil produksi FAM Organic
Parongpong dipasarkan pada wilayah Kota Bandung dan Jakarta. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis kinerja sistem distribusi dan melakukan prioritas
strategi distribusi bagi FAM Organic Parongpong. Penarikan sampel menggunakan
teknik non probalility sampling secara sengaja. Metode penelitian yang digunakan
adalah pendekatan kuantitatif yang diterapkan melalui analisis margin distribusi,
Data Envelopment Analysis (DEA), dan Analytical Hierarchy Process (AHP).
Analisis margin distribusi menunjukkan wilayah Bandung memiliki nilai rata-rata
margin distribusi lebih rendah dari Jakarta. Analisis DEA menunjukkan bahwa
wilayah distribusi Jakarta termasuk kelompok effectively managed but sales,
sedangkan wilayah Kota Bandung termasuk under performing. Hasil penelitian
menggunakan metode AHP menunjukkan nilai alternatif strategi distribusi tertinggi
adalah pembukaan lahan tanam sayuran organik baru. | id |