dc.description.abstract | Fungsi ritel yang penting bagi konsumen dalam berbelanja produk eceran
ternyata tidak sejalan dengan pertumbuhan penjualannya. Pertumbuhan penjualan
ritel yang menurun, sangat berkaitan dengan penurunan pertumbuhan penjualan
barang eceran. Penelitian ini bertujuan menelaah atribut dari bauran ritel dan bauran
pemasaran yang dipersepsikan dekat (penting) oleh konsumen terhadap delapan
objek penelitian; hipermarket, supermarket, department store, mie instan, susu
bubuk, perlengkapan alas kaki, dan smartphone. Kedekatan atribut dengan objek
pada penelitian ini di analisis menggunakan analisis biplot yang berfungsi melihat
proximity antara variabel peubah dengan objek penelitian. Hasil dari penelitian ini
adalah; atribut layanan antar dekat dengan ritel hipermarket dan supermarket;
atribut pelayanan karyawan dekat dengan department store; rasa dan tekstur dekat
dengan produk mie instan; ketersediaan ukuran dekat dengan perlengkapan alas
kaki; dan atribut merek, fitur, dan harus dibeli di toko khusus dekat dengan objek
smartphone berdasarkan persepsi konsumen. | id |