View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Penggunaan Metode CHAID (Chi-Squared Automatic Interaction Detection) pada Segmentasi Tren Penjualan Berbagai Jenis Minuman Ringan di Indonesia

      No Thumbnail [100%x80]
      View/Open
      Fulltext (11.93Mb)
      Date
      2018
      Author
      Sulviana, Via
      Wigena, Aji Hamim
      Indahwati
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Saat ini beberapa outlet mengevaluasi produknya dengan melihat tren penjualan berbagai jenis minuman ringan selama periode tertentu untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif. Metode CHAID (Chi-Squared Automatic Interaction Detection) merupakan salah satu metode statistika non-parametrik yang efisien untuk melakukan pengklasifikasian terhadap aspek-aspek apa saja yang dapat meningkatkan penjualan minuman ringan tersebut. CHAID memilih peubahpeubah yang signifikan berdasarkan uji Khi-Kuadrat antara kategori-kategori peubah penjelas dengan kategori-kategori peubah respon berskala nominal atau ordinal. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikikasikan karakteristik yang menjadi penciri keragaman dan menentukan target pasar yang mampu memaksimumkan keuntungan pada tren penjualan berbagai jenis minuman ringan dengan menggunakan metode CHAID. Hasil dari CHAID berupa diagram pohon berdasarkan segmen dari peubah penjelas yang berasosiasi terhadap peubah respon menjadi informasi yang lebih mudah dimengerti. Penelitian ini menghasilkan 11 dari 20 segmen yang dijadikan sebagai acuan dalam menentukan target pasar terhadap peningkatan tren penjualan minuman ringan yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Segmen yang terbentuk berasal dari 4 peubah penjelas yaitu persebaran kota, tipe outlet, sumber pembelian, dan metode pembayaran dengan akurasi segmentasi sebesar 71.4%.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/93681
      Collections
      • UT - Statistics and Data Sciences [2075]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      NoThumbnail