Karakteristik Media Online yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Media Online sebagai Media Promosi oleh UMKM Kota Bogor.
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada UMKM yang tersebar di Kota Bogor. Tujuan
penelitian mengidentifikasi karakteristik media online yang mempengaruhi
keputusan penggunaan media online dalam promosi sebuah produk UMKM.
Promosi yang dilakukan oleh UMKM marak menggunakan media online sebagai
saluran dalam memberikan informasi kepada konsumen. Terdapat delapan faktor
pendorong dalam menggunakan media online yang dijadikan variabel independen
untuk diteliti yaitu multimedia, aktualitas, update, fleksibelitas, kapasitas luas,
jangkauan luas, interaktif, dan hyperlink. Berdasarkan faktor tersebut dianalisis
kaitannya dengan lima tahapan keputusan pembelian yaitu, pengenalan
kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan
perilaku pasca pembelian. Perhitungan diolah dengan menggunakan analisis
deskriptif dan analisis SEM. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia,
aktualitas, dan update berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Collections
- UT - Management [3455]